Selasa, 17 Juli 2012

Ragam Hias Isen-isen Ornament


Ragam hias isen-isen gunanya adalah untuk mengisi ornamen. Isen-isen pada umumnya merupakan titik, garis lurus, bundar, bengkok kecil-kecil dan lain-lain yang apabila diisikan pada ornament akan memperindah ornament tersebut.
Seringkali pembatik menemui kesulitan dalam memilih isen-isen untuk mengisi ornemen tertentu agar terliat cocok dan bagus. Misalnya ornament bunga sebaiknya diisi dengan isen-isen yang mana. Untuk itu sebaiknya dipelajari terlebih dahulu macam gambar isen-isen, kemudian melihat kain batik tulis yang sudah jadi dan mencocokkan macam isen-isen yang mana masuk pada ornament seperti apa. Dengan demikian akan terlihat jelas pengetrapannya dalam mengisi ornament

Ragam Hias Ornament Batik Dengan Isen- Isen
Bagi yang belum berpengalaman membatik mengisi ornament dengan isen-isen, akan selalu menanyakan bagaimana cara mengisinya. Kumpulan ragam hias disni memberikan beberapa alternative penggunaan isen-isen yang dimasukan dalam ornament batik, baik berwujud daun kecil dan daun besar, kuncup bunga kecil, bunga kecil dan bunga besar dengan tangkainya, dll.
      Kalau bagian bunga atau daun akan dibuat tetap putih, berarti harus ditembok, maka membatiknya harus garis rangkap dua. Dalam gambar terlihat ada yang digambar bundaran ada garis rangkap dua, itu berarti bagian itu harus ditembok.

Ragam Hias Isi Bidang Dasar  (LATAR)
Untuk mengisi bidang dasar atau dasaran kain putih/hitam diberikan beragam macam hias batik kecil.kecil. Pedoman membuat kain latar putih di semua pinggiran ornament yang akan ditembok harus dibatik garis rangkap dua.
Apabila bidang dasar luas, sebaiknya pada bidang dasar tersebut digambari salah satu dari gambaran ragam hias isi bidang dasar, dan membatiknya juga rangkap dua.  Untuk mengecilkannya pada bidang dasar tersebut diberi isi dengan pogok- pogok yakni garis rangkap dua.

2 komentar:

Salam Budaya: