Rabu, 18 Juli 2012

MOS SMA 1 Sewon di Sentra Batik Tulis Giriloyo


MOS Siswa Baru SMU1 Sewon
Masa Orientasi Siswa (MOS)  SMA 1 Sewon, Bantul  diselenggarakan selama tiga hari, dimulai pada tanggal 16 dan diahiri pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2012 di sentra kerajinan Batik Tulis Giriloyo.  Kenapa di sentra kerajinan Batik Tulis Giriloyo, kenapa tidak diselenggarakan di lingkungan sekolah saja?, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk ..”mengenalkan lingkungan dan mengenalkan batik tulis kepada para calon siswa baru SMA 1 Sewon, Bantul”. Demikian kata Kepala Sekolah SMA 1 Sewon Bantul Bapak Ahmad Malang Yuda di Gazebo Batik Tulis Giriloyo pada Masa Orientasi Siswa di luar lingkungan sekolah.
MOS di Sentra Kerajinan Batik Tulis Giriloyo ini sekaligus sebagai acara penutupun MOS dibawah koordinasi Bapak Bambang Sulistyo yang juga merupakan Guru Kesenian SMA 1 Sewon yang didampingi oleh beberapa dewan guru lainnya serta Kakak-kakak seniaor sebagai panitia pelaksanaan MOS SMA 1 Sewon Tahun Pelajaran 2011/2012.
Para siswa baru disambut oleh pengurus Paguyuban Batik Tulis Giriloyo di Gazebo Batik Tulis Giriloyo. DI Gazebo ini mereka diberi penjelasan mengenai batik dan segala sesuatu yang berkenaan tentang batik tulis Giriloyo, termasuk alat, bahan serta tata-cara membatik dipaparkan secara detail. Setelah mendengarkan penjelasan tentang atik Tulis Giriloyo. Mereka diajak berkunjung di kelompok-kelompok pengrajin Batik Tulis Giriloyo untuk melihat proses batik, proses pewarnaan batik, dan melihat produk batik tulis hasil karja para pengrajin Batik Tulis Giriloyo.  Dengan begitu siswa diharapkan bisa mengenal, memahami  dan mencintai  serta perduli terhadap warisan budaya adiluhung Batik Tulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam Budaya: