Jumat, 01 April 2016

Iriana Jokowi Berkunjung di Sentra Batik Giriloyo

Selasa, 27 Maret 2016 suasana panas menyelimuti sekitar Gazebo Batik Giriloyo. dari pagi hingga siang di sekitar gazebo Batik Giriloyo banyak lalu lalang pasukan bersenjata untuk mensterilkan seputar Gazebo Batik Giriloyo karna bakal dikunjungi Ibu Kepala Negara- Iriani Jokowi untuk melihat langsung kegiatan pengrajin batik di sentra Batik Giriloyo. 
Sekitar pukul 14.30 Wib. Iring-irangan rombongan RI 3 tiba di Gazebo Batik Giriloyo. Rombongan langsung menuju gazebo kecil untuk melihat proses membatik. Setelah bebrapa saat Ibu Iriani menyaksikan goresan canting di atas media kain oleh pembatik kemudian beliau timbul keingininan untuk mencoba memegang canting dan menorehkan cairan lilin di atas kain bermotif tokoh wayang. Dipandu oleh pengurus Paguyuban Batik Giriloyo kemudian rombongan RI 3 diajak menuju tempat Proses pewarnaan alam. Takjub dan penuh kesan dengan apa yang dilakukan oleh para "pencelup"warna alami sekaligus penasaran kenapa bisa jadi seperti itu. Kemudian dijelaskan proses awal/pengolahan bahan warna alam, pencelupan kain ke dalam zat warna alam hingga proses ahir batik tulis menjadi kain batik. 
Untuk menyempurnakan jawaban atas kepenasaran pengunjung kemudian rombongan RI 3 diajak menuju Joglo utama yang di situ telah didisplay produk-produk batik warna alam milik pengrajin batik tulis Giriloyo. Akhirnya terjawablah apa yang menjadi pertanyaan dalam hati mereka selama ini tentang apa dan bagaimana batik tulis itu. Dan sebagai apresiasi terhadap karya para pengrajin batik tulis di Giriloyo ini mereka kemudian membeli beberapa lembar kain batik motif klasik dengan pewarnaan alami.

Ibu Iriani menyaksikan proses membatik

Ibu Iriani menyaksikan prosesWarna

Ibu Iriani menuju Showroom Batik Giriloyo

Ibu Iriani memilih batik tulis warna alam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam Budaya: